Kamis, 10 November 2016

Coretan Kecil Tentang Motivasi Diri

Coretanku - Catatan-catatan kecil yang tertuang didalam sosial media sebagai motivasi diri, coretan ini pernah saya tuangkan sebagai postingan untuk motivasi diri dan coretan ini sengaja saya tulis ulang didalam dokumen elektonik pribadi sebagai catatan kisahku. Kumpulan kata-kata yang keluar dari mulut yang tanpa beban, eit sebenarnya permasalahan begitu banyak akan tetapi saya simpan sebagai motivasi diri dan hidup itu tidak harus mengeluh kepada manusia.

Sebuah perjalanan hidup yang akan terus meninggalkan kehidupan masa lalu, catatan ini sebagai pengingat siapa diriku, mahluk kecil yang selalu memiliki kesalahan, mahluk pilihan yang selalu terus berpikir untuk apa hidup ini dijalani, mahluk yang selalu dihantui dengan ketidak puasan, mahluk yang selalu meminta-minta ampunan dosa pada Tuhan.

Catatan Kecilku Tentang Motivasi Diri
ilustrasi: story-150190

Tuhan, Nikmat-Mu tidak dapat saya hitung satu persatu, nikmat-Mu selalu datang tanpa saya minta, Nikmat-Mu terkadang saya ingkari, maafkan aku Tuhan. Dan inilah catatan-catatan kecil:

" Waktu itu sangat singkat, kita hidup juga sangat singkat, jangan mengeluh jika hari ini tidak dapat rezeki, ingatlah karena ada hari esok.

Masa muda pasti ada masa tua, hidup juga pastinya ada kematian. Takutlah jika waktu hanya berlalu, waktu hari ini tidak kembali kewaktu hari ini.

Bersyukurlah untuk waktu hari ini, waktu terus berjalan kewaktu berikutnya. Kenikmatan hari ini tidak akan sama dengan kenikmatan kemarin atau waktu berikutnya.

Waktu akan terus meninggalkan kita, waktu tidak peduli apa yang kita lakukan hari ini, maka nikmati waktu hari ini dengan bersyukur.

Mengeluh bukan jalan menikmati hidup, waktu hari ini nikamatilah sebaik mungkin karena waktu hari ini juga tidak akan sama dengan waktu hari ini. "

Kehidupan itu sementara tidak boleh ada yang disombongkan, seperti halnya 3 jubah yang kukenakan ini. Kehidupan akan terus berjalan sesuai dengan ketentuanNya, maka pandai-pandailah untuk mensyukuri atas nikmatNya.

Eloknya kehidupan terkadang membuat kita sombong akan kehidupan yang dimiliki, semoga kita selalu ingat akan jubah terakhir yang akan kita kenakkan kelak jika sang Pencipta memanggilNya. Karena kita tidak boleh menyombongkan diri, ilmu yang kita miliki hanya sebgai jalan untuk cahaya kelak dimasa pertanggung jawaban.

Buatlah hidup kita bermanfaat untuk orang lain, memberikan apa yang kita miliki seperti berbagi ilmu, harta kita, atau yang lainnya dan pastinya akan bermanfaat, dapat membahagiakan orang yang kita kasih.

" Waktu adalah pedang, waktu bukanlah uang. Sekali waktu berlalu akan membuat goresan. Waktu akan terus membuat goresan yang tak terlupakan, dan jika waktu adalah uang maka uang akan hilang seketika, waktupun berlalu meninggalkan kita, untuk itu manfaatkan waktu kita sebaik mungkin.

Waktu adalah uang, maka cara apapun akan dilakukan untuk mendapatkannya. Berbaggalah bagi orang yang menggaggap waktu adalah pedang, karena setiap waktu yang dijalani akan dimanfaatkan sebaik mungkin, karena waktu akan sangat berharga dari setiap detiknya."

" Membangun peradaban yang baik untuk generasi selanjutnya adalah dari keluarga sendiri, bekali pendidikan anak dengan karakter islami, santun, bijak, cerdas, berakhlak mulia. Tujuan tersebut tidak lain agar mereka tahu akan perjuangan para pejuang islam untuk menegakkan islam yang baik.

Membentuk karakter islam yang berlandaskan Alquran dan Hadits, bukan membentuk karakter dengan cara instan."

" Mungkin ada banyak hal yang tidak dapat diukur dengan uang, materi, ataupun jabatan, karena begitulah hidup agar terus belajar dari masa lalu untuk lebih baik.

Dengan silahturahmi, berbagi, bersaudara dengan yang lain, menjaga bicara dari hal yang tidak baik, memberikan motivasi bagi yang membutuhkan, sekirannya itu adalah hal yang tidak dapat diukur dengan apapun sebagai amal ibadah.

Hidup itu harus optimis jangan pesimis, karena kita punya tujuan yang harus dicapai dengan pengorbanan bukan mengorbankan. Maka hujamkan cita-cita untuk masa depan setinggi mungkin agar jatuh dititik yang lain sebagai harapan baru."

" Hidup tidak selamannya mulus, yang kaya ataupun miskin semua akan diuji sesuai dengan kadar kemampuannya, Tuhan maha tahu umatNya, maka hiduplah untuk hidup dan Allah swt sudah menjanjikan barang siapa yang bertaqwa maka akan diberikan jalan.

Janganlah merasa bersalah akan perjalanan hidup anda, merasalah bahwa anda selalu dalam linduunganNya, merasalah anda terlahir untuk sebuah pilihan."

" Banyaknya cobaan yang anda lalui karena Allah swt masih mencintai anda, Allah swt percaya anda mampu melaluinya, maka dari itu jagalah kepercayaan yang diberikan.

Yakinlah atas kemampuan anda, jika anda percaya pada Allah swt maka keyakinan itu akan terjadi dan anda dapat melaluinya.

Mau kemana lagi jika anda diberi cobaan begitu banyak, apakah anda mau mengumbarnya ke orang lain?, padahal Allah swt sudah menjamin akan merahasiakan masalah anda dan andapun akan diberikan solusi terbaik olehNya."

Racun itu tidak mematikan jika Allah swt belum menentukan ajalnya, pahit akan terasa manis jika selalu mensyukuri nikmatNya, Waktu akan singkat jika dunia yang dikejar, karena waktu terdekat adalah kematian. Sholat adalah cara untuk mengingatNya. Gelap akan terang jika Alqur'an dan Sunahnya adalah cinta. Dunia itu akan asing jika tidak mengaggumi kebesaran Allah swt.

Semoga tulisan kecil yang diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya dan membagikan keorang lain, ilmu itu sedikit jika tidak berbagi, berbagi ilmu sedikit akan menjadi besar manfaatnya.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: