Rabu, 28 September 2016

Monitoring dan Evaluasi Pengabdian Kepada Masyarakat Pelaksanaan Tahun 2016

Pengabdian Masyarakat - Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang bersinggungan dengan masyarakat sosial, dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki wawasan baru, pengetahuan, peningkatan akan keterampilan yang dilakukan oleh civitas akademik sebagai perwujudan tri dharma, serta merupakan kepedulian para pengabdi terhadap masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi yang baik.

Pengabdian Masyarakat Komponen Tri Dharma

Monitoring dan Evaluasi Pengabdian Masyarakat
Monitoring dan Evaluasi Pengabdian Masyarakat
Salah satu pencapaian saya sebagai Dosen adalah memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas, Alhamdulillah dari pengajuan proposal tahun 2015 tim kami berhasil lolos mendapatkan Dana Bantuan dari DIKTI yang di danai tahun 2016. Pengabdian kepada masyarakat pastinya menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seluruh Dosen sebagai salah satu bentuk sosial terhadap masyarakat, dimana pengabdian masyarakat adalah salah satu komponen wajib Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2015 pengabdian yang saya lakukan dengan teman-teman Dosen STMIK AMIKOM Purwokerto adalah menitik beratkan terhadap mitra Karang Taruna yang ada di Kecamatan Baturaden, pengabdian yang dilakukan sendiri adalah dengan melatih para anggota Karang Taruna dari dua mitra yaitu Karang Taruna Gempita Jaya X Kemutug Lor dan Karang Taruna Satria Taruna jaya VIII Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden.Dari pelatihan yang sudah berjalan selama 3 bulan telah memberikan hasil yang positif bagi anggota Karang Taruna dan hasil pelatihan keterampilan tersebut juga sudah di implementasikan oleh anggota Karang Taruna.

Monitoring dan Evaluasi (MONEV)

Monitoring dan Evaluasi Pengabdian Masyarakat
Monitoring dan Evaluasi Pengabdian Masyarakat
Setelah kegiatan pelatihan keterampilan Komputer untuk masyarakat khususnya anggota Karang Taruna Kecamatan Baturaden telah berjalan dengan baik sehingga dari hasil tersebut telah tersusun Laporan Pengabdian Masyarakat untuk dilakukan pengecekkan atau istilahnya Monitoring dan Evaluasi hasil kinerja pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat mulai dari usulan sampai monitoring evaluasi dikelola oleh LPPM STMIK AMIKOM Purwokerto dan dari hasil MONEV yang dilakuakan secara internal telah memberikan gambaran akan hasil selama pengabdian kepada masyarakat untuk diperbaiki agar pada saat MONEV Eksternal hasil laporan kegiatan berjalan dengan baik tanpa banyak kesalahan dalam pelaporan kegiatan yang telah berjalan dan telah terlaksanakan.

Pada intinya hasil Monitoring dan Evaluasi untuk laporan kegiatan yang telah terlaksanakan berjalan dengan baik dan sehingga menghasilkan revisi di pelaporan yang telah berjalan. Tujuan dari MONEV internal adalah untuk mengevaluasi hasil kegiatan agar pada pelaksanaan Monitoring yang dilakukan pihak eksternal berjalan dengan baik.

Artikel ini saya tulis sebagai dokumentasi saya sebagai Dosen untuk memberikan gambaran kepada saya sendiri,mungkin untuk khalayak umum bahwa pengabdian masyarakat itu wajib dilakukan oleh Dosen. Dan semoga untuk MONEV berikutnya tim kami diberikan kemudahan, kelancaran dalam mempertanggung jawabkan hasil kegiatan yang telah dilakukan tahun 2016.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: